Peran Panel AMF ATS pada Pengoperasian Genset

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa energi listrik menjadi jenis energi yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Energi listrik dapat kita gunakan untuk memenuhi berbagai keperluan, seperti penerangan, pengisian daya hingga penggunaan benda-benda elektronik. Di jaman modern saat ini, hampir semua benda-benda yang ada di sekitar membutuhkan keberadaan energi listrik. Tak heran, kita akan merasa bingung dan kecewa jika terjadi pemadaman listrik. Dengan adanya genset, masalah pemadaman listrik bukan menjadi masalah pelik lagi. Daya listrik yang kita butuhkan ketika pemadaman dapat terpenenuhi dengan baik akibat keberadaan genset. Selain dapat memenuhi kebutuhan daya listrik, generator set juga dapat kita gunakan untuk menambah besaran daya listrik. Peran penting dari genset inilah yang mendorong masyarakat memanfaatkan keberadaan generator set.

Generator set dapat kita gunakan dengan menyalakan tombol on. Proses menyalakan genset sendiri disebut dengan menghidupkan genset secara manual. Jika dilakukan secara manual, kita merupakan sosok utama yang menyalakan dan mematikan genset. Jika ingin menghidupkan dan mematikan genset, kita dapat mengandalkan panel AMF ATS terbaik. Berdasarkan kinerjanya, panel ini memiliki peran yang sangat penting pada sistem pengoperasian genset. Panel dapat mematikan dan menyalakan mesin genset tanpa harus turun tangan secara langsung. Panel ATS atau Automatic Transfer Switch menjadi rangkaian listrik yang berperan sebagai saklar. Jika pemadaman listrik terjadi, panel ini akan mengambil daya listrik dari sumber daya tambahan. Sumber daya tambahan yang dimaksud adalah generator set. Pada kondisi ini, genset merupakan sumber genset terbaru. Ketika daya listrik dari pihak PLN mulai terhubung kembali, panel akan menggunakan sumber listrik utama kembali dan akan mematikan kinerga genset.

Panel AMF atau Automatic Main Failure merupakan rangkaian elektrik  yang dapat mematikan dan menghidupkan genset secara otomatis dan tanpa adanya campur tangan manusia. Panel ini akan menghidupkan genset secara otomatis ketika arus listrik utama mengalami pemutusan. Panel ini juga akan mematikan genset ketika arus listrik PLN telah terhubung kembali. Jika panel AMF dan panel ATS dikombinasikan, maka akan menghasilkan panel AMF ATS. Panel ini akan membuat genset dapat dimanfaatkan secara otomatis. Kita tidak perlu menyalakan dan mematikan sendiri akibat keberadaan panel ini. Jika terjadi pemutusan listrik secara mendadak, kita tidak perlu merasa panik dengan keberadaan panel. Panel akan menggunakan sumber daya penganti, ketika pemutusan daya listrik terjadi. Pada akhirnya, mesin genset akan menyala dan menghasilkan daya listrik yang kita butuhkan. Panel juga akan memutuskan daya listrik yang berasal dari sumber daya ketika listrik PLN menyala kembali.

Panel AMF ATS dapat kita gunakan untuk semua jenis genset. Kita hanya perlu mengaplikasikan panel ke dalam mesin genset yang dimiliki. Genset silent menjadi salah satu jenis genset yang dapat kita gunakan bersamaan dengan panel AMF dan panel ATS. Genset silent dilengkapi dengan kanopi dan busa peredam. Keberadaan busa peredam membuat genset tidak akan mengeluarkan suara ketika genset dioperasikan. Karena itulah, kita dapat menempatkan genset di ruang-ruang yang kita inginkan. Kanopi pada genset dapat melindungi mesin genset dari paparan sinar matahari dan terpaan air hujan. Genset nantinya tidak akan mudah rusak dan dapat kita gunakan dalam waktu yang lama. Agar henset dapat memiliki nilai guna yang lama, kita harus melakukan perawatan genset dengan baik.

 

Tagged : /

Manfaat Panel AMF ATS pada Genset

Pemutusan aliran listrik PLN kini bukan lagi menjadi permasalahan yang sulit untuk dipecahkan. Dengan keberadaan genset, kita tetap mendapatkan daya listrik meskipun terjadi pemadaman atau pemutusan aliran listrik. Genset banyak digunakan pada saat daya listrik utama yang berasal dari PLN mengalami pemutusan. Alat ini juga dapat kita gunakan jika ingin menambahkan daya listrik di rumah. Proses penggunaan genset dapat dilakukan secara manual dan secara otomatis. Jika digunakan secara manual, genset hanya dapat digunakan jika kita menyalakan dan mematikannya secara pribadi. Penggunaan genset secara otomatis dapat pula kita gunakan dengan memanfaatkan panel. Panel AMF ATS merupakan salah satu jenis panel yang digunakan pada genset sehingga pengoperasian genset dapat dilakukan secara otomatis.

Panel AMF ATS terbaik dapat melakukan pengontrolan pada genset. Dengan keberadaan panel ini, sistem on dan off pada genset dapat dilakukan secara otomatis. Ketika listrik utama yang berasal dari PLN mengalami pemutusan, panel ini nantinya akan menyalakan genset dengan sendirinya. Panel juga akan menyalakan kinerja genset ketika arus listrik utama terhubung kembali. Panel pada genset ini merupakan gabungan antara panel AMF dan panel ATS. Panel AMF atau Automatic Main Failure merupakan rangkaian panel yang dapat mematikan dan menyalakan generator set secara otomatis. Panel ini akan menyalakan mesin generator set secara otomatis ketika terjadi pemadaman listrik. Panel akan mematikan generator set ketika sumber daya listrik telah terhubung kembali. Panel ATS atau Automatic Transfer Switch merupakan rangkaian listrik yang berperan sebagai saklar. Panel akan memindahkan sumber daya listrik secara otomatis ketika daya listrik PLN terputus. Sumber daya yang digunakan oleh panel ATS adalah genset. Genset akan dimatikan oleh panel ATS jika daya listrik PLN telah menyala kembali. Kedua panel ini dapat memiliki peran yang penting jika genset ingin dioperasikan secara otomatis.

Jika diperhatikan dengan lebih mendalam, panel AMF ATS merupakan operator manual yang bekerja mematikan dan menghidupkan genset. Karena panel inilah, kita tidak perlu turun tangan langsung untuk memanfaatkan genset ketika listrik padam dan menyala kembali. Dengan panel jenis ini, kita dapat mengantisipasi terjadinya pemutusan arus listrik. Selama memanfaatkan panel, kita masih harus turun tangan ketika melakukan perawatan genset. Kita juga dapat turut serta dalam memeriksa kebocoran radiator, kebocoran oli, pemeriksaan air radiator, mengganti filter dan memonitor kesigapan mesin genset. Jika kita melakukan kesemua hal tersebut, kinerja panel dan genset dapat berlangsung dengan baik. Kita tidak perlu merasa khawatir ketika pemadaman listrik terjadi akibat kinerja panel yang baik.

Meskipun panel memiliki peranan yang cukup penting pada kinerja genset, kita juga harus memperhatikan jenis genset yang akan kita gunakan. Dalam pemilihan genset, pastikan jika daya genset sesuai dengan besar daya listrik yang kita butuhkan. Ada baiknya jika daya listrik genset dapat memiliki ukuran yang lebih besar daripada jumlah daya listrik yang diperlukan. Hal ini bertujuan agar kita kelak dapat menambahkan peralatan elektronik tanpa harus merasa khawatir kekurangan daya listrik. Ada dua jenis genset yang diperkenalkan di pasaran, yakni genset tipe silent dan genset tipe open. Kedua jenis genset ini banyak digunakan oleh masyarakat karena kelebihan yang dimilikinya. Jika kita ingin terhindar dari suara bising, genset tipe silent merupakan jenis genset yang tepat untuk kita gunakan.

Tagged : /