Manfaat Panel AMF ATS pada Genset

Pemutusan aliran listrik PLN kini bukan lagi menjadi permasalahan yang sulit untuk dipecahkan. Dengan keberadaan genset, kita tetap mendapatkan daya listrik meskipun terjadi pemadaman atau pemutusan aliran listrik. Genset banyak digunakan pada saat daya listrik utama yang berasal dari PLN mengalami pemutusan. Alat ini juga dapat kita gunakan jika ingin menambahkan daya listrik di rumah. Proses penggunaan genset dapat dilakukan secara manual dan secara otomatis. Jika digunakan secara manual, genset hanya dapat digunakan jika kita menyalakan dan mematikannya secara pribadi. Penggunaan genset secara otomatis dapat pula kita gunakan dengan memanfaatkan panel. Panel AMF ATS merupakan salah satu jenis panel yang digunakan pada genset sehingga pengoperasian genset dapat dilakukan secara otomatis.

Panel AMF ATS terbaik dapat melakukan pengontrolan pada genset. Dengan keberadaan panel ini, sistem on dan off pada genset dapat dilakukan secara otomatis. Ketika listrik utama yang berasal dari PLN mengalami pemutusan, panel ini nantinya akan menyalakan genset dengan sendirinya. Panel juga akan menyalakan kinerja genset ketika arus listrik utama terhubung kembali. Panel pada genset ini merupakan gabungan antara panel AMF dan panel ATS. Panel AMF atau Automatic Main Failure merupakan rangkaian panel yang dapat mematikan dan menyalakan generator set secara otomatis. Panel ini akan menyalakan mesin generator set secara otomatis ketika terjadi pemadaman listrik. Panel akan mematikan generator set ketika sumber daya listrik telah terhubung kembali. Panel ATS atau Automatic Transfer Switch merupakan rangkaian listrik yang berperan sebagai saklar. Panel akan memindahkan sumber daya listrik secara otomatis ketika daya listrik PLN terputus. Sumber daya yang digunakan oleh panel ATS adalah genset. Genset akan dimatikan oleh panel ATS jika daya listrik PLN telah menyala kembali. Kedua panel ini dapat memiliki peran yang penting jika genset ingin dioperasikan secara otomatis.

Jika diperhatikan dengan lebih mendalam, panel AMF ATS merupakan operator manual yang bekerja mematikan dan menghidupkan genset. Karena panel inilah, kita tidak perlu turun tangan langsung untuk memanfaatkan genset ketika listrik padam dan menyala kembali. Dengan panel jenis ini, kita dapat mengantisipasi terjadinya pemutusan arus listrik. Selama memanfaatkan panel, kita masih harus turun tangan ketika melakukan perawatan genset. Kita juga dapat turut serta dalam memeriksa kebocoran radiator, kebocoran oli, pemeriksaan air radiator, mengganti filter dan memonitor kesigapan mesin genset. Jika kita melakukan kesemua hal tersebut, kinerja panel dan genset dapat berlangsung dengan baik. Kita tidak perlu merasa khawatir ketika pemadaman listrik terjadi akibat kinerja panel yang baik.

Meskipun panel memiliki peranan yang cukup penting pada kinerja genset, kita juga harus memperhatikan jenis genset yang akan kita gunakan. Dalam pemilihan genset, pastikan jika daya genset sesuai dengan besar daya listrik yang kita butuhkan. Ada baiknya jika daya listrik genset dapat memiliki ukuran yang lebih besar daripada jumlah daya listrik yang diperlukan. Hal ini bertujuan agar kita kelak dapat menambahkan peralatan elektronik tanpa harus merasa khawatir kekurangan daya listrik. Ada dua jenis genset yang diperkenalkan di pasaran, yakni genset tipe silent dan genset tipe open. Kedua jenis genset ini banyak digunakan oleh masyarakat karena kelebihan yang dimilikinya. Jika kita ingin terhindar dari suara bising, genset tipe silent merupakan jenis genset yang tepat untuk kita gunakan.

Tagged : /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *