Tangki Solar

Bagi para pelaku bisnis yang mengandalkan genset sebagai pemasok cadangan listriknya, tentunya membutuhkan bahan bakar lebih banyak dibandingkan pemakaian rumah tangga. Demi memenuhi kebutuhan setiap harinya, tentu saja Anda memerlukan bantuan tangki solar untuk menampung sumber energi genset. Untuk mengenalnya lebih dalam, silahkan simak ulasan berikut.

Mengenal Lebih Dalam dengan Fuel Storage Tank

Fuel Storage Tank

Harfiahnya Fuel Storage Tank atau lebih dikenal media penyimpanan bahan bakar ini, merupakan tempat menampung cairan minyak mentah seperti pertamax, solar bensin, minyak, premium, oli, dan berbagai cairan sejenisnya. Tangki penyimpanan satu ini tersedia dalam 2 varian berbeda yang terdiri dari silinder horizontal, serta silinder vertikal.

Namun secara umum, media penyimpanan ini dihadirkan dalam bentuk silindris vertikal yang dilapisi dinding pada bagian samping secara vertikal. Desain tangki tersebut dibuat khusus demi memudahkan media penyimpanan untuk menekan hidrostatik. Dimana tekanan tersebut berasal dari cairan yang berada di dalam tangki penyimpanan.

Setidaknya ada beberapa jenis tangki solar yang wajib Anda tahu, dimana setiap jenisnya dihadirkan dalam kapasitas penyimpanan berbeda pula. Beberapa jenis tangki penyimpanan tersebut terdiri dari tangki air, tangki penyimpanan model silinder horizontal, tangki penyimpanan model silinder vertikal, tangki penyimpanan pendam, tangki bahan kimia, hingga tangki custom.

Sedangkan jika berbicara soal kapasitas, media penampung bahan bakar dihadirkan dengan kapasitas daya tampung berbeda. Banyaknya varian kapasitas penyimpanannya disesuaikan dengan kebutuhan setiap penggunanya yang bervariasi pula. Kapasitas terendahnya berada di angka 100 liter hingga 25 ribu liter, yang tentunya sangat mencukupi kebutuhan harian rumah tangga.

Apabila genset memiliki kapasitas serta mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak, tentu saja Anda membutuhkan tangki dengan kapasitas lebih besar. Tidak perlu panik, karena tangki satu ini tersedia dalam kapasitas jumbo yang mencapai 30 ribu liter hingga 32 ribu liter per tangkinya. Semakin besar daya tampungnya, maka semakin tinggi pula anggaran yang harus dikeluarkan.

Pentingnya Pemeliharaan Tangki

Pemeliharaan Tangki

Tidak banyak yang mengetahui bahwa tangki penampungan bahan bakar, juga perlu mendapatkan pemeliharaan agar tidak mudah mengalami korosi maupun karat. Pemeliharaan tangki solar juga membantu agar berfungsi optimal, sehingga Anda tidak boleh menyepelekannya begitu saja. Setidaknya ada beberapa cara pemeliharaan yang bisa Anda terapkan.

Cara yang pertama yaitu melapisi media penampungan bahan bakar dengan coating tangki atau cat. Lapisan cat tersebut akan melindungi badan tangki di bagian luarnya. Jika memungkinkan, pilihlah warna putih atau warna yang mampu memantulkan radiasi sinar matahari. Sebab tangki yang terpapar sinar terlalu banyak, maka proses penguapan bahan bakar akan semakin cepat.

Apabila hendak melakukan pergantian jenis minyak, hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan tangkinya terlebih dahulu. Sebab semua jenis minyak memiliki kualitas berbeda, dan jika digabungkan maka kualitasnya akan berbeda pula. Membersihkan tangki juga membantu Anda memeriksa adanya kerusakan untuk mendapatkan penanganan dini.

Langkah pembersihan tidak hanya perlu dilakukan ketika hendak mengganti jenis minyak yang hendak ditampung semata, sebab pembersihan tangki solar juga wajib dilakukan secara rutin. Setidaknya Anda harus membersihkannya 5 hingga 10 tahun sekali demi menjaga performanya. Pembersihan tangki secara rutin, membantunya mencegah terkena karat membandel.

Menyadari kapasitas dan konsumsi bahan bakar genset berbeda untuk setiap merknya, maka memiliki sebuah tangki untuk menyimpan sumber energinya sangat perlu dilakukan terutama bagi para pelaku bisnis. Beruntungnya Era Genset menjual berbagai tipe tangki dengan kualitas jempolan, yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Tagged :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *