5 Cara Merawat Jenis Genset Open Atau Terbuka Secara Benar

Apa itu genset open? Genset terbuka atau open adalah salah satu jenis genset yang tidak dilengkapi dengan kanopi sebagai penutup mesin genset. Dengan kondisi genset yang terbuka sudah pasti akan memudahkan pemiliknya dalam hal perawatan.

Anda langsung dapat mengetahui bagian komponen dan melakukan perawatan secara rutin tanpa harus membuka kanopinya.Dengan demikian proses perawatan dapat dilakukan lebih cepat dan juga tidak ribet. Namun disisi lain genset terbuka tersebut harus dilakukan perawatan secara rutin terutama dari debu, mengingat genset yang tidak dilengkapi dengan penutup sehingga sangat mudah kotor. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah 5 cara yang tepat dalam merawat jenis genset terbuka:

  • Jangan sembarangan meletakkan genset

Pertama kali yang harus diperhatikan ketika membeli genset tanpa kanopi adalah tempat dimana genset akan diletakkan. Genset tanpa kanopi sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu standby atau tetap dna juga portable atau dapat dipindah-pindahkan.

Ketika Anda memilih jenis genset tanpa kanopi standby maka Anda harus memikirkan tempat dari genset.Dimana ukuran genset standby cenderung besar sehingga sulit untuk dipindahkan.Maka harus ada tempat khusus yang dapat melindungi genset dari sinar matahari dan tampiasan air hujan.

Biasanya orang-orang yang membeli jenis genset terbuka sudah menyiapkan tempat khusus yang kedap suara sebagai peredam genset.Dimana salah satu kekurangan dari jenis genset terbuka adalah suara yang dihasilkan sangat bising.

Sedangkan jika Anda akan membeli jenis genset terbuka portable maka Anda harus menyiapkan tempat diluar ruangan yang tetap harus kering, dan dilengkapi dengan atap yang dapat melindungi genset dari air hujan maupun panas matahari. Setelah genset dipakai kembali simpan genset di tempat yang aman.

  • Panasi mesin genset secara teratur yaitu minimal seminggu sekali

Alat elektronik atau yang menggunakan listrik tidak boleh dibiarkan mati terlalu lama.Hal tersebut juga berlaku dengan jenis genset open terbaru. Memanasi mesin genset ini harus dilakukan secara rutin minimal seminggu sekali.

Semakin sering Anda memanasi mesin genset, maka kerja dari mesin genset akan semakin baik. Dimana hal tersebut adalah kegiatan yang harus dilakukan bagi semua pemilik genset.Saat memanasi mesin Anda juga akan tahu seperti apa kondisi mesin genset. Jika ada masalah pada genset Anda akan tahu ketika rajin memanasi mesin.

  • Bersihkan genset dari debu terutama pada bagian generator genset

Seperti yang sudah penulis jelaskan sebelumnya bahwa jenis genset terbuka rawan dengan debu dan juga hewan pengerat yaitu tikus.Dimana sebagai pemilik jenis genset tanpa kanopi harus rajin membersihkan genset dari debu yang menempel terutama pada bagian generator genset.

Khusus untuk sistem kelistrikan genset, pastikan Anda selalu melakukan pengecekan pada kabel-kabelnya.Pastikan tidak ada kabel yang putus atau mengelupas yang kemungkinan dapat mengganggu kerja genset bahkan dapat membuat genset menjadi konslet sehingga tidak berfungsi atau tidak dapat digunakan.

  • Jangan sampai tabung bahan bakar kering dan mengganti oli secara rutin

Perawatan selanjutnya yang harus diperhatikan bagi pemilik genset open adalah bagian tabung bahan bakar dan juga oli.Kedua hal tersebut ini sangat penting untuk diperhatikan.Khusus tabung bahan bakar jangan sampai dalam kondisi kering.Pastikan selalu ada bahan bakar di tabung bahan bakar serta gunakan bahan bakar sesuai dengan mesin genset.

Selain itu lakukan penggantian oli secara rutin terutama jika kondisi oli sudah jelek. Hal tersebut akan membuat mesin genset menjadi lebih awet. Nah manfaat dari rajin memanasi mesin genset adalah Anda dapat mengetahui apakah oli genset masih berkualitas dan juga tabung bahan bakar masih ada bahan bakarnya atau perlu diisi ulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *